Peta Indonesia Flora Dan Fauna

Peta Indonesia Flora Dan Fauna – Faktor apa saja yang mempengaruhi persebaran jenis tumbuhan dan satwa di Indonesia? Yuk simak penjelasan dibawah ini beserta pembagian zona distribusinya.

Siapa yang suka mengunjungi kebun binatang? Adakah yang ingin menjelajahi keanekaragaman flora dan fauna di Indonesia? Inilah jenis keanekaragaman hayati yang harus kita lindungi bersama.

Peta Indonesia Flora Dan Fauna

Namun tahukah Anda faktor apa saja yang mempengaruhi persebaran tumbuhan dan hewan di Indonesia? Apakah ada tipenya? Mari kita cari tahu!

Flora Australia Dan Oceania Dan Peta Fauna, Elemen Datar. Hewan Vektor Stok Oleh ©a7880s 174262138

Ada empat faktor penyebab penyebaran tumbuhan dan hewan, apa sajakah? Mari kita bahas satu per satu.

Faktor iklim merupakan faktor yang berhubungan dengan cuaca dan iklim di suatu wilayah yang mempengaruhi flora dan fauna di wilayah tersebut. Faktor yang mempengaruhi cuaca antara lain suhu udara. Kelembaban di udara, sinar matahari, hujan dan angin

Namun faktor yang paling mempengaruhi faktor cuaca adalah suhu udara. Semakin tinggi atau rendah suhu di suatu daerah, Lebih sedikit tumbuhan atau hewan yang dapat hidup di daerah tersebut.

Misalnya saja di daerah gurun yang sangat panas. Hanya sedikit hewan yang bisa bertahan hidup, seperti unta dan bunglon gurun. dan kaktus Di jalan yang sama di daerah kutub yang dingin Hanya hewan berbulu tebal seperti beruang kutub atau lumut yang dapat bertahan hidup.

Fauna Australis: Ketahui Ciri Ciri, Contoh Hewan, Dan Konservasi Alamnya Di Indonesia

Faktor edafis merupakan faktor yang berhubungan dengan kondisi lahan pada suatu kawasan yang mempengaruhi keberadaan tumbuhan dan satwa pada kawasan tersebut. Unsur-unsur tersebut dapat berupa pH tanah, tekstur tanah, struktur tanah, jenis tanah, kadar air, dan kadar udara tanah.

See also  Salep Untuk Lecet Di Selangkangan

Semakin subur tanah suatu daerah maka semakin subur pula tanah tersebut. Semakin banyak jumlah hewan dan tumbuhan, misalnya, semakin banyak tumbuhan yang pasti tumbuh di tanah aluvial yang subur. Berbeda dengan tanah kapur, tidak banyak tanaman yang bisa tumbuh di sini.

Faktor fisiologis merupakan faktor yang berhubungan dengan kondisi fisik suatu daerah. Ada dua faktor yang mempengaruhi faktor ini. Ketinggian dan Medan Oleh karena itu, flora dan fauna di daerah pegunungan berbeda dengan flora dan fauna di daerah pesisir.

Misalnya saja kambing gunung yang bisa Anda temukan di daerah pegunungan. Namun kepiting tidak ditemukan di wilayah pesisir, sebaliknya kepiting dapat ditemukan di wilayah pesisir. Namun tidak ditemukan di tempat tinggi.

Indonesia Map Attractions Vector Images (45)

Misalnya, kelelawar menjatuhkan biji dari buah yang dimakannya. Benih tersebut kemudian tumbuh di tempat baru dan menjadi tanaman. Contoh lain Manusia membantu menyebarkan berbagai macam tumbuhan dan hewan ke seluruh dunia. Hal ini membuat kita bisa melihat flora dan fauna endemik negara lain di negara kita sendiri.

Sekarang Anda tahu faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi persebaran tumbuhan dan hewan. Mari kita bahas zona sebaran tumbuhan dan hewan di Indonesia. Sebaran flora dan fauna di Indonesia terbagi menjadi tiga wilayah. Dengarkan penjelasannya.

Flora dan fauna di kawasan ini tersebar di pulau-pulau bagian barat Indonesia. Mulai dari Sumatera, Kalimantan, Jawa, dan Bali, flora dan fauna di kawasan ini mirip dengan yang ada di Asia.

Sebaran vegetasi di wilayah Indonesia bagian barat dipengaruhi oleh tipe iklim Af (tropis lembab) dan tipe iklim Am (monsun tropis), dengan ciri-ciri sebagai berikut:

See also  Wisata Di Bandar Lampung Yang Lagi Hits

Peta Persebaran Fauna Di Indonesia​

Contoh tumbuhan di kawasan ini antara lain gandaria, kasturi, rotan, majegau, meranti, Rafflesia Arnoldii dan anggrek liar.

Contoh satwa yang ada di kawasan ini antara lain gajah, harimau sumatera, badak bercula satu, elang jawa, tapir, orangutan, harimau, lumba-lumba, dan merak hijau jawa.

Flora dan fauna di kawasan ini tersebar di pulau-pulau tengah Indonesia seperti Sulawesi dan Nusa Tenggara. Beberapa tumbuhan dan hewan di kawasan ini disebut endemik karena keunikannya.

Sebaran vegetasi di Indonesia bagian tengah dipengaruhi oleh iklim Am (musim tropis) dan iklim Aw (sabana tropis), dengan ciri-ciri sebagai berikut:

Materi] Keanekaragaman Flora Dan Fauna Di Indonesia

Satwa yang ada di Indonesia bagian tengah sering disebut endemik atau hanya ditemukan di wilayah ini dan tidak dapat ditemukan di wilayah lain. Fitur-fiturnya meliputi:

Flora dan fauna Indonesia Timur tersebar di seluruh wilayah Indonesia bagian timur, termasuk Kepulauan Maluku dan Papua.

Contoh satwa yang ada di kawasan ini antara lain kanguru pohon, kanguru tanah, cendrawasih, kakaktua, walabi, walabi, dan burung bowerbird.

Anda lebih mengerti sekarang, bukan? Nah, jika Anda menemukan tumbuhan dan hewan di kebun binatang atau taman konservasi. Anda dapat mengklasifikasikannya sendiri. Ingin mempelajari lebih mendalam? Hai, putar saja video animasi interaktif di ruang belajar.

Persebaran Flora Dan Fauna Indonesia

Penulis konten dan kinerja konten Saya harap tulisan saya bermanfaat bagi Anda dan membantu Anda mempelajari satu atau dua hal! 😀

Peta flora dan fauna indonesia, peta persebaran flora dan fauna di indonesia, peta flora dan fauna, peta flora dan fauna di indonesia, peta persebaran flora dan fauna indonesia, gambar peta flora dan fauna di indonesia, peta sebaran flora dan fauna di indonesia, peta persebaran flora fauna indonesia, peta penyebaran flora dan fauna di indonesia, peta flora fauna, peta indonesia beserta flora dan fauna, peta flora fauna di indonesia

See also  Cara Merawat Hamster Yang Benar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *