Organel Sel Tumbuhan Dan Fungsinya

Organel Sel Tumbuhan Dan Fungsinya – Sel tumbuhan adalah sel yang mengatur fungsi seluruh fungsi kehidupan tumbuhan. Peran sel tumbuhan adalah memulai pertumbuhan awal, menyerap nutrisi, dan menghasilkan buah. Sel tumbuhan memiliki dinding sel yang terbuat dari selulosa. Dinding sel sangat tipis ketika selulosa masih muda, dan dinding sel menebal seiring bertambahnya usia selulosa. Sel tumbuhan ini membuat tumbuhan muda menjadi sangat lunak dan tumbuhan tua menjadi sangat keras.

Sel tumbuhan merupakan bagian terkecil dari setiap organ tumbuhan. Sel tumbuhan merupakan penggerak dari tumbuhan itu sendiri. Sel tumbuhan sangat berbeda dengan sel organisme eukariotik lainnya. Berbagai fiturnya antara lain:

Organel Sel Tumbuhan Dan Fungsinya

Jaringan sklerenkim juga merupakan jenis jaringan permanen yang sederhana. Ada dua jenis sel pada jaringan ini yaitu serat dan sklera. Kedua jenis sel tersebut memiliki dinding yang sangat tebal yang mengandung selulosa dan lignin, yang disekresikan oleh protoplas sel tersebut. Protoplas mati ketika dinding mencapai ketebalan maksimumnya. Serat adalah sel yang sangat panjang dengan ujung sel runcing. Serat memiliki kekuatan dan fleksibilitas yang besar. Karena kekuatan dan fleksibilitasnya, sel-sel ini digunakan manusia untuk membuat gulungan, tali, karpet, dan berbagai kain. Sklera menyerupai serabut dengan dinding tebal dan padat, namun sel sklera pendek dan tidak sepanjang serabut. Sklera misalnya ditemukan pada apel. Sklera merupakan bagian penting pada pohon palem. Organel sel pada tubuh makhluk hidup cukup beragam. Mari kita pelajari tentang perbedaan organel pada sel tumbuhan dan sel hewan serta fungsinya pada artikel Biologi Kelas 11 selanjutnya.

Perbedaan Sel Hewan Dan Sel Tumbuhan

Umumnya setiap rumah pasti mempunyai pondasi, dinding, atap, tanah, dll. Fungsinya untuk membentuk struktur rumah, menopang dan memelihara seluruh ruangan rumah. Nah tahukah anda bahwa secara umum struktur seluler suatu tubuh makhluk hidup itu seperti struktur rumah anda, kemudian ruangan-ruangan kecil di dalamnya merupakan organel seluler.

Nah itulah kira-kira gambaran organel sel pada sel hewan dan sel tumbuhan. Jika mengingat struktur sel tumbuhan dan sel hewan, organel adalah bagian kecil dari struktur sel yang terletak di sitoplasma.

Persis sama. Tentu saja terdapat beberapa perbedaan pada organel sel. Mari kita pelajari apa saja organel pada sel tumbuhan dan organel pada sel hewan, beserta bentuk dan fungsinya.

Ada beberapa organel sel yang umum pada sel tumbuhan dan hewan. Bagaimana ini bisa terjadi? Apa fungsi organel-organel tersebut di dalam sel? Jadi mari kita lihat organel sel dan fungsinya satu per satu agar lebih paham!

Fungsi Vakuola Pada Sel Hewan

Retikulum endoplasma (ER) terdiri dari lapisan membran yang melengkung dan terletak di dekat atau menempel pada inti sel. Organel sel ini terdapat pada sel tumbuhan dan hewan.

See also  Cara Membuat Youtube Bagi Pemula

Ada dua jenis retikulum endoplasma yaitu RE kasar dan RE halus. Apa bedanya? Pertama, dari atas. Permukaan kasar RE ditutupi dengan ribosom. Jadi kalau diperhatikan lebih dekat, ada banyak bintik di permukaannya. Jika RE halus maka permukaannya lebih halus karena tidak ada ribosom yang menempel padanya.

Perbedaan kedua adalah pergerakan organel sel. RE kasar menempel pada ribosom, sehingga fungsinya berkaitan dengan sintesis protein. Sedangkan RE halus berfungsi untuk sintesis lemak, metabolisme karbohidrat, dan detoksifikasi racun. Di bawah ini adalah gambar retikulum endoplasma sehingga Anda dapat melihat strukturnya.

Jika Anda melihat butiran kecil dan padat di dalam sel yang menempel pada RE kasar dan meluas ke seluruh sitoplasma, maka ini disebut ribosom. Ribosom merupakan butiran nukleoprotein dengan ukuran hanya 15-20 nm, yang terkecil dari organel lainnya. Ribosom mempunyai dua komponen utama yaitu subunit besar dan subunit kecil.

Struktur Sel Tumbuhan & Hewan Beserta Fungsinya

Saat bekerja, kedua subunit ini bergabung membentuk struktur mirip burger. Di tengah tumpukan dua subunit seperti burger adalah mRNA. Tujuan mRNA adalah menyediakan templat resep untuk membuat protein tertentu. Oleh karena itu, peran utama ribosom adalah membuat protein. Ribosom juga ditemukan pada sel hewan dan tumbuhan. Nah, untuk lebih jelasnya simak gambar ribosom di bawah ini, yuk!

Badan Golgi memiliki nama yang berbeda-beda. Bisa berupa badan Golgi atau khusus tumbuhan disebut diktosom. Letak aparatus Golgi biasanya berada di tepi sel dekat membran sel. Pada sel hewan, badan Golgi menghasilkan lisosom. Oleh karena itu, sel hewan di sekitar badan Golgi juga terdapat pada lisosom.

Badan Golgi adalah yang paling dikenal! Bentuknya menyerupai kantong (lumen) atau piringan pipih yang disebut cisterna. Kantung-kantung di badan Golgi ini dapat terpisah dan kemudian menjadi kantung-kantung lebih kecil yang disebut vesikel. Ada dua jenis vesikel, yaitu vesikel transpor (untuk mengangkut protein dari badan Golgi ke lisosom) dan vesikel sekretorik (untuk melepaskan protein atau molekul lain). Di bawah ini gambar badan Golgi/diktosom pada sel hewan dan tumbuhan:

Fungsi organel sel ini mungkin mirip dengan surat. mengapa Karena ia mengubah, mengemas, dan mengatur molekul-molekul di dalam sel. Setelah itu diangkut ke dalam sel atau dikeluarkan ke luar sel. Jadi molekul yang diangkut ke badan Golgi dikemas dalam vesikel.

Organel Sel Hewan Dan Fungsinya

Nah, ada satu hal lagi yang perlu kamu ketahui! Pada sel tumbuhan, badan Golgi mempunyai fungsi tambahan yaitu produksi selulosa yang membentuk dinding sel.

See also  Akun Demo Slot Offline

Yang berarti sesuatu. Oleh karena itu jika dilihat melalui mikroskop tampak seperti benang. Namun jika diperbesar, bentuk aslinya tampak seperti butiran elips. Panjangnya sekitar 2 mikrometer dan diameternya hanya 0,5 mikrometer.

Mitokondria memiliki dua lapisan membran, terdiri dari membran dalam dan membran luar. Pada membran dalam terdapat krista dan matriks. Krista merupakan lipatan bagian dalam yang membuat permukaan cangkang bagian dalam menjadi lebih lebar. Sedangkan matriksnya berisi cairan yang mengandung DNA. Nah, membran luar mitokondria sendiri banyak mengandung protein dan lipid.

Fungsi mitokondria sangat penting dalam sel karena merupakan tempat respirasi sel, pembangkitan energi/ATP, dan molekul pembawa energi siap pakai. Anda juga harus tahu bahwa matriks mitokondria mengandung DNA dan ribosomnya sendiri. Ini sepenuhnya tidak bergantung pada produksi enzim respirasi sel, keren kan?!

Tentang Organel Sel: Fungsi Dan Jenisnya Pada Hewan Serta Tumbuhan

Mitokondria terdapat pada organel sel tumbuhan dan organel sel hewan ya. Nah, jika kita melihat struktur sel secara umum, mitokondria sebagian besar tersebar di sitoplasma. Mitokondria juga ditemukan di banyak sel yang membutuhkan ATP dalam jumlah besar untuk berfungsi, seperti sel otot.

Badan mikro berbentuk bulat, terikat membran, dan mengandung kristal protein. Badan mikro ini letaknya tersebar di sitoplasma. Ada dua jenis badan mikro yaitu peroksisom dan glioksisom. Peroksisom terdapat pada sel tumbuhan dan hewan. Fungsi organel sel ini adalah menetralkan racun dan menghasilkan enzim katalase.

) yang bersifat netral. Sedangkan glioksisom hanya terdapat pada sel tumbuhan dan fungsinya dalam metabolisme lemak. Jadi nanti lemaknya diubah menjadi karbohidrat. Lalu seperti apa gambaran mikrokosmos? Ayo lihat gambar di bawah ini!

Lisosom hanya mempunyai satu lapisan membran. Ada jalan bagi protein untuk masuk dan keluar dari membran lisosom (protein transpor). Di dalamnya terdapat lapisan fosfolipid atau lapisan ganda lipid, enzim hidrolitik ini menghancurkan zat asing di dalam sel.

Sel Tumbuhan Dan Hewan Worksheet

Oh, organel sel lisosom ini hanya terdapat pada sel hewan dan fungsinya untuk pencernaan intraseluler karena mengandung enzim hidrolitik. Mengapa tidak ada lisosom pada organel sel tumbuhan? Pasalnya pada sel tumbuhan fungsi organel sel tersebut dapat digantikan oleh vakuola. Vakuola sel tumbuhan juga mengandung enzim hidrolitik mirip lisosom. Di bawah ini adalah gambar lisosom yang dapat Anda lihat:

Seperti lisosom, organel sel sentrosom hanya ditemukan pada sel hewan! Sentrosom merupakan organel yang mengandung dua sentriol dan berperan penting dalam pembelahan sel. Lebih tepatnya, ini adalah organel dalam sel hewan yang mengatur filamen gelendong yang dihasilkan oleh sentriol selama pembelahan sel. Jadi kromosom menghentikan benang gelendong dan membelah menjadi dua sel anak. Di bawah ini adalah gambar organel sentrosom pada sel hewan:

See also  Cara Hapus Data Ktp Di Akulaku

Lisosom dan sentriol hanya ditemukan pada sel hewan, sedangkan plastida hanya ditemukan pada sel tumbuhan. Mengapa Karena plastida berfungsi mempercepat proses fotosintesis dan menghasilkan pigmen warna pada tumbuhan. Sedangkan hewan tidak membutuhkan semua itu. hehe…

Plastida terbagi menjadi beberapa jenis lho! Ada kloroplas, kromoplas, leukoplas dan masih banyak lagi. Kloroplas merupakan plastida yang mengandung klorofil dan karotenoid. Fungsinya untuk membantu fotosintesis dengan menggunakan energi matahari untuk membuat makanan.

Sel Tumbuhan: Struktur, Fungsi, Gambar Organel Organel Sel

Kromoplas merupakan plastida yang mengandung pigmen seperti pigmen merah, jingga, atau kuning. Fungsinya untuk memberi warna pada bunga. Nah, leukoplas adalah plastida yang tidak berwarna. Fungsinya untuk menyimpan persediaan makanan. Nah dibawah ini gambar plastida pada sel tumbuhan ya.

Kita telah sampai pada organel terakhir sel. Ya, itu disebut vakuola! Vakuola ditutupi oleh tonoplas. Tonoplas ini merupakan lapisan luar atau membran luar dari vakuola. Vakuola juga lebih banyak ditemukan pada sel tumbuhan, sedangkan sangat jarang ditemukan pada sel hewan. Kalaupun ada, biasanya ukurannya kecil. Bagaimana bentuk organel pada sel tumbuhan? Di bawah ini adalah gambar vakuola yang dapat Anda lihat.

Vakuola mengandung getah yang mengandung makanan dan sisa lain dalam sel tumbuhan, dan fungsinya untuk menyimpan persediaan makanan, mengatur proses pencernaan, dan mengatur konsentrasi air. Selain itu, terdapat vakuola dengan fungsi unik. Ini disebut vakuola kontraktil. Umumnya ditemukan pada protozoa. Vakuola ini dapat mengembang dan berkontraksi. Fungsinya untuk mengatur tekanan osmotik atau konsentrasi air dan area keluarnya cairan dari dalam tubuh.

Wah, banyak sekali jenis organel sel pada sel tumbuhan dan hewan! Tidaklah cukup jika Anda membaca artikel ini sekali saja. Jadi jangan lupa, Anda perlu membaca kembali tentang organel sel tumbuhan dan organel sel hewan. Catat poin pentingnya dan jangan lupa latihan soal juga.

Pengertian Dan Fungsi Nukleus Pada Tumbuhan

Oh, kamu bisa coba belajar di ruang belajar lho! Disitulah materi selesai, disertai rangkuman, latihan soal dan pembahasan. Lengkap dan mudah dimengerti. Ayo, cepat dan bergabunglah dengan kami! Selamat belajar~ Dalam hal ini, unit struktural itu penting

Organel sel tumbuhan beserta fungsinya, fungsi organel sel tumbuhan, tabel organel sel dan fungsinya, bagian organel sel dan fungsinya, organel sel dan fungsinya, organel organel sel tumbuhan dan fungsinya, struktur organel sel dan fungsinya, organel sel hewan dan fungsinya, organel sel tumbuhan dan hewan, gambar organel sel dan fungsinya, organel sel hewan dan tumbuhan beserta fungsinya, sel tumbuhan dan fungsinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *