Mengapa Budaya Indonesia Sangat Beraneka Ragam

Mengapa Budaya Indonesia Sangat Beraneka Ragam – 1. Lokasi yang strategis 2. Kondisi geografis atau negara kepulauan 3. Perbedaan kondisi alam 4. Kondisi transportasi dan komunikasi 5. Penerimaan masyarakat terhadap perubahan 1. Pemajuan nasionalisme dan sikap toleransi 2. Identitas nasional 3. Atraksi atau simbol wisata 4 . Peningkatan pendapatan nasional 5. Sumber ilmu pengetahuan 6. Terbukanya peluang usaha atau mata pencaharian bagi masyarakat

Keberagaman suku dan budaya yang ada di Indonesia merupakan suatu aset yang tidak ternilai harganya. Begitu banyak wilayah yang mencakup berbagai pulau.

Mengapa Budaya Indonesia Sangat Beraneka Ragam

Keberagaman tersebut berarti bahwa masyarakat Indonesia harus bekerja keras untuk menjaga persatuan meskipun ada keberagaman yang ada. Memangnya kenapa budaya Indonesia begitu beragam?

Jelaskan Proses Terjadinya Keberagaman Sosial Budaya Karena Letak Strategis Wilayah Indonesia ! Kak

Keberagaman di Indonesia tidak terjadi begitu saja. Ada banyak faktor atau alasan yang menjelaskan mengapa kebudayaan Indonesia begitu beragam. Penasaran ingin tahu berbagai faktor atau penyebabnya? Simak artikel berikut ini!

Alasan pertama mengapa budaya Indonesia begitu beragam adalah lokasinya yang strategis. Dr. H. Sutirna, S.P.D., M.P.D. Buku Pendidikan Lingkungan Hidup Sosial Budaya dan Teknologi menjelaskan bahwa letak Indonesia yang berada di antara Samudera Pasifik dan Samudera Hindia serta antara benua Asia dan Australia menjadikan negara ini sebagai jalur perdagangan internasional.

Lalu lintas perdagangan tidak hanya mendatangkan barang-barang dagangan saja, namun juga adanya pengaruh budaya asing terhadap budaya Indonesia yang diawali dengan kedatangan orang-orang asing yang berbeda ras dan pendatang.

Alasan lain mengapa budaya Indonesia begitu beragam adalah kondisi geografisnya. Penduduknya yang berjumlah 276 juta jiwa tersebar di berbagai wilayah dan pulau serta mempunyai ciri khas tersendiri yang mengembangkan kebudayaan tersendiri sesuai dengan tingkat kemajuan dan lingkungan.

Keberagaman Suku Yang Ada Di Indonesia Harus Dimaknai Sebagai Kekayaan Bangsa, Simak Ulasannya

Hal ini menjadikan Indonesia beragam dalam hal suku, bahasa, budaya, peran, kepercayaan dan agama laki-laki dan perempuan.

Kondisi alam yang berbeda-beda, seperti wilayah pesisir, pegunungan, daerah subur, padang rumput, pegunungan, dataran rendah, rawa bahkan laut, menimbulkan perbedaan pola hidup dan suku-suku yang hidup di suatu wilayah dengan wilayah lainnya, sehingga timbullah keberagaman.

Misalnya, mata pencaharian, makanan pokok, sandang, seni dan budaya masyarakat pesisir berbeda dengan masyarakat pegunungan.

Kemajuan transportasi dan komunikasi mendukung pertukaran budaya dari berbagai daerah di Indonesia. Secara tidak langsung pertukaran budaya ini menunjukkan adanya keberagaman antara satu daerah dengan daerah lainnya. Pada akhirnya inilah salah satu alasan mengapa budaya Indonesia begitu beragam.

See also  Cara Alami Merawat Rambut Agar Tidak Rontok

Portal Probolinggo Kota

Alasan terakhir mengapa budaya Indonesia begitu beragam adalah karena penerimaan masyarakat terhadap perubahan yang terjadi saat ini. Sikap masyarakat terhadap hal-hal baru mempengaruhi keberagaman masyarakat Indonesia.

Misalnya, sebagian masyarakat yang mudah menerima budaya baru umumnya adalah masyarakat perkotaan, sedangkan masyarakat pedesaan cenderung tetap berpegang pada budayanya.

Kalaupun keberagaman budaya dalam suatu negara berpotensi menimbulkan perpecahan, namun Indonesia sendiri yang merasakan manfaat dari keberagaman tersebut. Berikut berbagai manfaat keanekaragaman budaya di Indonesia:

Adanya perbedaan budaya pada akhirnya mendorong masyarakat untuk menjaga rasa nasionalisme dan toleransi terhadap sesama. Sebab, jika tidak ada toleransi maka perpecahan yang diakibatkannya akan sangat besar dan berdampak pada berbagai aspek di Indonesia.

Contoh Contoh Soal Materi Tentang Suku Bangsa Dan Kebudayaan Di Indonesia, Lengkap Beserta Kunci Jawabannya

Pada dasarnya keberagaman yang ada di Indonesia justru menjadi jati diri negara, menjadikan Indonesia sebagai negara yang unik karena mampu hidup rukun dalam satu negara dengan banyak budaya. Identitas budaya yang beragam inilah yang menjadi ciri khas Indonesia di mata internasional.

Mengingat salah satu penyebab budaya Indonesia begitu beragam adalah karena banyaknya wilayah dan pulau, maka tidak heran jika Indonesia memiliki daya tarik atau bahkan menjadi ikon wisata yang banyak dikunjungi wisatawan. Atraksi tidak hanya mencakup wilayahnya, tetapi juga benda-benda budaya yang berasal dari zaman kuno.

Manfaat keberagaman budaya Indonesia selanjutnya adalah peningkatan pendapatan negara. Keanekaragaman budaya akan mendatangkan wisatawan dalam jumlah besar sehingga memberikan pendapatan yang lebih baik kepada pemerintah.

Keberagaman budaya juga menambah pengetahuan atau pemahaman. Hal ini ditunjukkan saat bepergian ke luar kota atau melintasi pulau. Masyarakat semakin mengenal berbagai budaya yang ada di Indonesia.

Pdf) Bhinneka Tunggal Ika Dan Rasisme Yang Terjadi Di Kalangan Pelajar

Mereka yang ingin bekerja di kawasan perkantoran bisa pindah ke kota besar, sedangkan mereka yang ingin bekerja secara tradisional seperti bertani dan memancing bisa tinggal di pedesaan atau pesisir pantai.

Inilah sebabnya mengapa budaya Indonesia sangat beragam. Mari kita jaga keberagaman budaya Indonesia agar tetap lestari dan bermanfaat bagi kemajuan Indonesia dengan sikap toleransi yang tinggi!, Jakarta Mengapa budaya Indonesia begitu beragam adalah sebuah pertanyaan yang sering muncul ketika melihat kekayaan budaya Indonesia yang tiada habisnya. Keberagaman budaya yang ada di Indonesia sebenarnya tidak terjadi begitu saja, namun ada banyak faktor yang melatarbelakanginya.

See also  Cara Merawat Tanaman Bunga Mawar Yang Layu

Banyak faktor yang menyebabkan kebudayaan Indonesia begitu beragam, seperti letak geografis Indonesia dan kondisi transportasi dan komunikasi di Indonesia. Ada beberapa faktor yang mendasari semakin meningkatnya keberagaman di Indonesia.

Namun tidak hanya berdampak positif seperti kekayaan budaya, keragaman budaya di Indonesia juga kerap menimbulkan dampak negatif yang harus dihindari dan dimitigasi. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui alasan mengapa budaya Indonesia begitu beragam agar dapat lebih memahami keragaman budaya yang ada.

Tentukan Ide Pokok Paragraf Kesatu!2. Tentukan Ide Pokok Paragraf Kedua!3. Tentukan Ide Pokok Paragraf

Lalu apa alasan budaya Indonesia begitu beragam? Berikut rangkumannya dari berbagai sumber, Kamis (15/12/2022). Faktor keanekaragaman budaya Indonesia, serta dampak positif dan negatif yang ditimbulkannya.

Sebagai warga negara Indonesia, para selebriti papan atas dunia terlihat mengenakan pakaian adat pernikahan. Lengkap dengan aksesoris irama hingga jarik. Mereka adalah Bella Hadid, Bruno Mars, Daniel Radcliffe, Katy Perry, Rihanna dan Selena…

Alasan mengapa kebudayaan Indonesia begitu beragam adalah karena banyak faktor yang ada di Indonesia, dimana banyak sekali perbedaan kondisi masyarakatnya. Perbedaan tersebut antara lain suku, ras, agama, dan lain-lain. Berikut penjelasannya:

Alasan pertama mengapa kebudayaan Indonesia begitu beragam adalah karena letak geografis Indonesia. Indonesia adalah negara kesatuan yang terdiri dari ribuan pulau. Luasnya wilayah Indonesia mempengaruhi jumlah keanekaragamannya. Keadaan ini menimbulkan sumber keberagaman seperti suku, budaya, ras, dan golongan. Keadaan ini kemudian menimbulkan perbedaan dalam masyarakat.

Lestarikan Budaya Indonesia Menjadi Sarana Saga Untuk Kenalkan Ganjar Pranowo

Alasan lain mengapa kebudayaan Indonesia begitu beragam adalah karena setiap daerah di Indonesia mempunyai iklim dan kondisi alam yang berbeda-beda. Perbedaan musim di Indonesia seperti musim hujan dan kemarau antar wilayah, serta perbedaan kondisi alam seperti pantai, pegunungan, dan dataran rendah menimbulkan perbedaan dalam masyarakat.

Letak Indonesia yang strategis menjadikannya salah satu jalur pelayaran internasional pada zaman dahulu. Hubungan Indonesia dengan negara lain tidak hanya sebatas perdagangan saja, namun juga mempengaruhi pola budaya negara lain. Biasanya melalui komunikasi atau mereka datang ke Indonesia. Hal ini mengakibatkan adanya peleburan atau peleburan unsur budaya asing dengan budaya Indonesia.

Kebebasan beragama dijamin oleh UUD 1945. Agama yang diakui secara hukum di Indonesia adalah Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha, dan Konghucu. Beragamnya agama yang ada di masyarakat menunjukkan bahwa bangsa Indonesia merupakan salah satu faktor dari banyaknya kebudayaan dan keberagaman yang muncul.

Masyarakat di Indonesia mempunyai ciri-ciri fisik yang berbeda-beda seperti warna kulit, warna dan bentuk rambut, bentuk wajah, bentuk tubuh, ukuran tubuh, bentuk dan warna mata, serta ciri-ciri fisik lainnya. Keberagaman ras penduduk di Indonesia sangatlah beragam, setidaknya ada 3 ras yang ada di Indonesia yaitu ras Melayu-Mongoloid, ras Melanesoid, dan ras Mongoloid Asia yang menjadikan masyarakat di Indonesia sangat beragam.

See also  Cara Mengatasi Panas Demam Pada Orang Dewasa

Faktor Penyebab Konflik Sosial Beserta Contoh Dan Dampaknya

Status Indonesia sebagai negara dengan keberagaman budaya dan masyarakat memang mampu memberikan dampak positif dan negatif. Siani L., dilansir dari buku Khazanah Antropologi 1 (2009) karya Atiq Catur B., berikut dampak positif dan negatif keberagaman budaya di Indonesia:

Masyarakat Indonesia dengan segala keberagamannya menjadikan negeri ini kaya akan budaya. Kekayaan budaya ini akan menimbulkan hal-hal positif seperti rasa bangga dan juga rasa memiliki, rasa kebersamaan, persaudaraan dan juga munculnya persatuan yang kuat. Ada pula rasa toleransi dan saling menghargai perbedaan yang ada.

Keberagaman budaya menjadi identitas atau ciri khas bangsa Indonesia di mata dunia. Keanekaragaman Budaya Indonesia dikenal sebagai negara dengan kekayaan budaya unik yang tidak dimiliki negara lain. Keanekaragaman budaya ini juga akan menjadi daya tarik wisata bagi orang asing hingga membuat mereka tertarik untuk berkunjung dan belajar tentang Indonesia.

Dalam masyarakat majemuk yang terdiri dari berbagai suku bangsa, pasti akan ada kelompok yang dominan. Dominasi ini disebabkan oleh banyak faktor, seperti perbedaan geografis, pengetahuan, politik, kesenjangan sosial, dan lain-lain. Dominasi suatu etnis tertentu akan melahirkan budaya dominan dan budaya non-dominan yang berpotensi memicu perpecahan dan mengancam keutuhan Indonesia.

Mengapa Budaya Indonesia Sangat Beraneka Ragam? Ini Alasan Dan Dampaknya

Konflik sosial dalam masyarakat majemuk muncul dari sikap etnosentrisme, primitivisme, dan kesenjangan sosial. Konflik seperti ini biasanya ditandai dengan gerakan separatis kelompok etnis tertentu. Secara umum dampak negatif dari keberagaman budaya di Indonesia adalah munculnya konflik yang dapat memicu disintegrasi bangsa.

* Fakta atau tipuan? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang tersebar, silakan WhatsApp Fact Check nomor 0811 9787 670 dengan mengetikkan kata kunci yang diinginkan.

Gambar ragam budaya indonesia, mengapa budaya indonesia sangat beragam, mengapa persatuan sangat penting bagi bangsa indonesia, ragam budaya indonesia 34 provinsi, gambar aneka ragam budaya indonesia, artikel ragam budaya indonesia, mengapa letak indonesia sangat strategis, ragam budaya indonesia, ragam budaya di indonesia, mengapa istilah demokrasi maknanya beraneka ragam, aneka ragam budaya indonesia, puisi ragam budaya indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *